728x90 AdSpace

Latest News

Thursday, 20 November 2014

INI DIA CONTOH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013



Pendekatan scientific meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran. Kurikulum 2013 menekankan penerapan pendekatan scientific (meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran) (Sudarwan, 2013).
Komponen-komponen penting  dalam mengajar menggunakan pendekatan scientific(McCollum : 2009), yaitu:
  1. Menyajikan pembelajaran yang dapat  meningkatkan rasa keingintahuan (Foster a sense of wonder),
  2. Meningkatkan keterampilan mengamati (Encourage observation),
  3.  
bold;”>Melakukan analisis ( Push for analysis) dan
  1. Berkomunikasi (Require communication) (Sudarwan, 2013).
Pendekatan Scientific pada Pembelajaran
  1. Aspek-aspek pada pendekatan scientificterintegrasi pada pendekatan keterampilan proses dan metode ilmiah
  2. Keterampilan proses sains merupakan seperangkat keterampilan yang digunakan para ilmuwan dalam melakukan penyelidikan ilmiah
  3. Keterampilan proses perlu dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman langsung sebagai pengalaman pembelajaran (Rustaman :2005)
Pendekatan saintifik dalam pembelajaran berdasarkan fakta melalui proses tertentu, dengan kegiatan;
  1. Observasi
  2. Mempertanyakan
  3. Mencoba/eksploring
  4. Asosiasi
  5. Mengomunikasikan/ menyaji
Pendekatan tersebut dapat digunakan metode;
  1. pembelajaran Project based learning
  2. Problem based learning
  3. Inquery dan discovery learning
Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran
  1. menetapkan unit pembelajaran;
observasi — bertanya — eksperimen/ eksplorasi — asosiasi — mengomunikasikan
  1. menyiapkan materi yang diobservasi,
  2. memberi waktu dan kondisi yang nyaman kepada siswa untuk bertanya
  3. menyiapkan penugasan dan memberi waktu yang cukup agar siswa melakukan eksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan pengalaman belajar
  4. menyiapkan strategi agar langkah-langkah kegiatan diatas  dapat terlaksana dengan baik, termasuk contigency plan
Proses pembelajaran
  1. observasi
  2. mempertanyakan: mendorong siswa bertanya
  3. eksplorasi: konteks masalah, masalah matematika, garis besar pengerjaan problem di atas, diskusikan strategi penyelesaian masalah-masalah tersebut?
  4. asosiasi dan menyaji: jelaskan proses pemecahan masalah kontekstual menggunakan matematika
  5. Observasi: Cermati Gambar 1.1 Bab 1
  6. Bertanya: dorong siswa untuk bertanya
  7. Eksplorasi: Silahkan lengkapi tabel di bawah Gb 1.1 dan cermati keakuratan Gambar 1.1
  8. Observasi: Cermati Definisi 1.2
  9. Asosiasi: telaah unsur-unsur fungsi eksponen dan karakteristik grafik fungsi eksponen
  10. Menyaji: Jelaskan ciri-ciri fungsi eksponen dan perbandingan antargrafik fungsi eksponen
Sikap sebagai dampak pembelajaran Kurikulum 2013 dapat menghasilkan insan indonesia yang: Produktif, Kreatif, Inovatif, Afektif melalui penguatan; Sikap, Keterampilan, pengetahuan yang terintegrasi, dengan pendekatan scientific.
Untuk lebih lengkapnya , Rekan-rekan guru dapat mendownloadnya disini  DOWNLOAD

Referensi : kuambil.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: INI DIA CONTOH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top