Pendekatan scientific meliputi:
mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta
untuk semua mata pelajaran. Kurikulum 2013 menekankan
penerapan pendekatan scientific (meliputi: mengamati, menanya, mencoba,
mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata
pelajaran) (Sudarwan, 2013).
Komponen-komponen
penting dalam mengajar menggunakan pendekatan scientific(McCollum : 2009),
yaitu:
- Menyajikan pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa keingintahuan (Foster a sense of wonder),
- Meningkatkan keterampilan mengamati (Encourage observation),
bold;”>Melakukan analisis ( Push
for analysis) dan
- Berkomunikasi (Require communication) (Sudarwan, 2013).
Pendekatan Scientific pada
Pembelajaran
- Aspek-aspek pada pendekatan scientificterintegrasi pada pendekatan keterampilan proses dan metode ilmiah
- Keterampilan proses sains merupakan seperangkat keterampilan yang digunakan para ilmuwan dalam melakukan penyelidikan ilmiah
- Keterampilan proses perlu dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman langsung sebagai pengalaman pembelajaran (Rustaman :2005)
Pendekatan saintifik dalam
pembelajaran berdasarkan fakta melalui proses tertentu, dengan kegiatan;
- Observasi
- Mempertanyakan
- Mencoba/eksploring
- Asosiasi
- Mengomunikasikan/ menyaji
Pendekatan tersebut dapat digunakan
metode;
- pembelajaran Project based learning
- Problem based learning
- Inquery dan discovery learning
Implementasi pendekatan saintifik
dalam pembelajaran
- menetapkan unit pembelajaran;
observasi — bertanya — eksperimen/
eksplorasi — asosiasi — mengomunikasikan
- menyiapkan materi yang diobservasi,
- memberi waktu dan kondisi yang nyaman kepada siswa untuk bertanya
- menyiapkan penugasan dan memberi waktu yang cukup agar siswa melakukan eksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan pengalaman belajar
- menyiapkan strategi agar langkah-langkah kegiatan diatas dapat terlaksana dengan baik, termasuk contigency plan
Proses pembelajaran
- observasi
- mempertanyakan: mendorong siswa bertanya
- eksplorasi: konteks masalah, masalah matematika, garis besar pengerjaan problem di atas, diskusikan strategi penyelesaian masalah-masalah tersebut?
- asosiasi dan menyaji: jelaskan proses pemecahan masalah kontekstual menggunakan matematika
- Observasi: Cermati Gambar 1.1 Bab 1
- Bertanya: dorong siswa untuk bertanya
- Eksplorasi: Silahkan lengkapi tabel di bawah Gb 1.1 dan cermati keakuratan Gambar 1.1
- Observasi: Cermati Definisi 1.2
- Asosiasi: telaah unsur-unsur fungsi eksponen dan karakteristik grafik fungsi eksponen
- Menyaji: Jelaskan ciri-ciri fungsi eksponen dan perbandingan antargrafik fungsi eksponen
Sikap sebagai dampak pembelajaran Kurikulum 2013 dapat
menghasilkan insan indonesia yang: Produktif, Kreatif, Inovatif, Afektif
melalui penguatan; Sikap, Keterampilan, pengetahuan yang terintegrasi,
dengan pendekatan scientific.
Untuk lebih lengkapnya , Rekan-rekan
guru dapat mendownloadnya disini DOWNLOAD
Referensi : kuambil.com
0 comments:
Post a Comment